Wisata Edukasi

1. Biogas

Tepat di depan jalan masuk menuju Pantai Baru terdapat area kandang ternak dan pembuatan biogas. Pengunjung  dapat berkeliling kandang, melihat dan memberi makan ternak, melihat biodigester serta genset biogas.

Ternak

Eits, tenang saja! Biogas ini nggak bau kok! Karena sudah melalui berbagai proses serta pemurnian. Biogas merupakan salah satu energi terbarukan, yang diberdayakan untuk menggantikan energi fosil yang lama-kelamaan akan habis. Ini salah satu contoh keterpaduan yang menjadi keunggulan Pantai Baru dan nggak ada di pantai lain.

Biodigester

2. Kincir Angin

Tidak perlu ke luar negeri untuk ngeliat kincir angin. Nggak percaya? Coba saja ke Pantai Baru.

Pantai Baru merupakan salah satu model percontohan sistem inovasi daerah utamanya bagi pengembangan energi hybrid kincir angin dan panel surya. Bisa dibilang ini hanya ada di Pantai Baru.

Kincir Angin dan Solar Sel

Kincir angin dan panel surya ini merupakan kerjasama antara Kemenristek, LAPAN, LIPI dan UGM. Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam aki yang terdapat di kantor pengelola kincir. Listrik yang dihasilkan ini digunakan untuk mensuplai listrik bagi warung kuliner, operasional pantai serta memproduksi es batu bagi pengawetan ikan. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan maupun produk yang dihasilkan.

Alat Pembuat Es Batu

Siapa bilang di pantai cuma ada ikan laut. Di Pantai Baru, ada yang namanya teknologi aquaponik yaitu kolam ikan air tawar yang mengandalkan metode penyaringan tumbuhan untuk membersihkan air.

Kolam Ikan Air Tawar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s